Senin, 10 April 2017

Tips Cara Menghilangkan Stres

Tips Cara Menghilangkan Stres


Setiap orang pasti mempunyai masalah yang beragam, dari masalah kecil sampai besar sehingga membuat orang tertekan akan masalah tersebut dan membuat pikiran stress.
Meskipun masalah yang dihadapi kecil sekalipun jika masalah tersebut bertumbukan akan mengakibatkan stress juga, sehingga akan mempengaruhi aktifitas keseharian anda.

Stres pikiran adalah kondisi dimana seseorang merasa kalut dikarenakan pikirannya terfokus pada permasalahan yang sedang dihadapi, sudah berusaha keras mencari solusi tetapi tetap buntu, sehingga pusing sendiri dan tiap saat selalu memikirkan masalahnya. Ketika kecemasan berlebihan akibat stres pikiran melanda, seseorang akan sulit berpikir jernih, terkadang berharap solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan.

Sering kali solusi itu berupa ide atau peluang-peluang yang harus ditindak lanjuti. Tetapi dalam keadaan stres pikiran, ide atau peluang-peluang tersebut cenderung tak terlihat karena tertutup oleh emosi negatif yang mendominasi.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan stres pikiran dan jika dijadikan kebiasaan rutin maka kita akan menjadi lebih kebal terhadap stres.

Agar stres hilang, tentunya Anda harus mampu untuk melihat solusinya, minimal mampu melihat problema yang tengah Anda hadapi dari sudut pandang lain yang lebih positif dan memberdayakan. Berita baiknya kita bisa melatih diri agar menjadi pribadi yang mampu lebih tenang saat menghadapi masalah sehingga lebih peka dengan solusi-solusi yang sebenarnya sudah tersedia di sekeliling kita.



Berikut cara-caranya :

1. Ketahui Penyebab Stress
Pertama-tama, cobalah untuk mencari tahu apa yang membuat anda merasa tertekan. Kadang-kadang sumber-sumber luar seperti lingkungan kerja, beban pikiran terlalu banyak atau masalah pasangan dan keluarga yang jadi sebab utama
atau jangan-jangan sumbernya pikiran Anda sendiri, kekhawatiran, emosi tidak stabil bisa memicu kondisi stress.

2. Jangan Kedepankan Emosi
Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tambah rumit.

3. Cukup tidur
Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres. 

4. Latihan fisik
Kadang, baik laki-laki maupun perempuan butuh sebuah aktivitas yang keluar dari rutinitas. Kegiatan yang menjadikan seseorang 'tampak liar’, bebas berteriak, memukul dan menendang. Latihan fisik semacam seni bela diri sangat tepat untuk dijadikan referensi untuk menghilangkan stress. Tidak perlu takut untuk mencoba meski usia sudah mulai berumur. Hal itu terus terang saja disampaikan untuk membantu memulihkan mengatasi beban pikiran apalagi jika sudah mulai merasa dalam taraf stress berat yang ditunjukkan dengan keadaan susah tidur dan mudah gelisah.
5. Meditasi atau yoga di pagi hari dan malam hari menjelang tidur 
Ketika Anda merasa lelah dengan semua masalah di kantor maupun di rumah, luangkan waktu barang lima menit saja untuk melakukan meditasi atau yoga . Terdapat beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian pundak dan dada untuk melepaskan beban fisik dan mental terutama pose 'membuka hati'. Postur ini bisa membantu melepaskan tekanan emosional serta menghilangkan efek negatif karena duduk terlalu lama.
6. Rapikan tempat kerja Anda serta kamar Anda 
Usahakan tempat kerja dan kamar selalu dalam keadaan rapi, dalam keadaan pikiran kalut Anda akan tambah kusut ketika melihat meja kerja atau kamar yang berantakan

7. Melakukan Hobi 
Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan.

8. Cari hal yang positif di sekitar kita. 
Jangan terpaku pada kelemahan kita. Kumpulkanlah hal - hal yang positif dari diri kita dan berbahagialah dengan kelebihan kita tersebut.

9. Rutinlah berkumpulah dengan orang-orang positif 
Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

10. Tertawa
Untuk mencegah dan meringankan stres, kita perlu mempertahankan selera humor kita, termasuk bisa menertawai diri sendiri. Kita bisa berbagi cerita lucu dengan teman - teman untuk menghibur diri.

L. Diyah Setyowati, SE 
Author Produktivitas dan Bisnis

0 komentar:

Posting Komentar

Testimoni Peserta Didik

Ananda Fadiah Khairina
"saya mendapatlkan materi yang tidak pernah saya dapatkan selama ini, materinya sangat bermanfaat di tempat kerja, saya merasa nyaman dan puas, Terimakasih POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)

Almira Nanda Rizky Yani
"saya sangat puas belajar d POLINDO karena instrukturya sangat kompeten, pelayanan ramah, dan sarananya sangat menunjang, terimakasih POLINDO"
(S1 Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya)

Eka Oktaviana R
"di POLINDO kita banyak mendapatkan materi keahlian dan tips-tips memasuki dunia kerja, hal ini sangat membantu saya dalam meraih cita2 yang saya impikan, Terimakasih POLINDO"
(S1 Sains ITS)


Laila Novieka
"Terimakasih kpd pengajar karena ilmu yg diberikan sangat bermanfaat di dunia kerja, dan trimaksih kepada staff Polindo serta fasilitas yg diberikan sangat nyaman"
(S1 Pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya)


Mirza Devara
"Pembelajarannya di luar ekspektasi saya, materi yg diberikan bagus dan membuat saya jadi lebih percaya diri dalam mencari kerja"
(S1 Sains, Universitas Jember)


Ani Suryanti
"saya merasa mendapatkan keluarga baru, instrukturnya sangat berkompeten dan berkomitmen , Semoga POLINDO semakin sukses"
(S1 Hukum Universitas Wijaya Kusuma)


Dimas Widjonarko
"Ilmunya sangat bermanfaat, dosennya juga berkompeten, berkomitmen, dapat dijadikan tempat bagi yang ingin sukses, sukses untuk POLINDO"
(S1 Administrasi Rumah sakit STIKES Dr Soetomo)


Dwiki Yuniarti
"Saya mendapat ilmu Adminitrasi perkantoran yg bisa menunjang saya untuk bekerja, Terimakasih POLINDO"
(S1 Ilmu Sosial UPN)


Endang Kusumawati
"menyediakan fasilitas yg baik, prasarana yg mendukung setiap kegiatan, cepat tanggap dalam setiap masalah atau kendala selama pelatihan berlangsung"
(S1 Teknik Industri ITATS)


Ibnu Stiki Prasetya
"mendapatkan ilmu baru yg sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerjayg semakin kompetitif, dan alhamdulillah kita sekelas lancar menegrjakan uji kom dan kita semua dinyatakan kompeten, terimakasih POLINDO"
( S1 Manajemen STIESIA)


Ike Yasnaullina Mustofifa
"Banyak ilmu baru yg saya dapatkan dan sangat berguna untuk menambah skill saya, dengan fasilitas yg sangat memadai dan pengajar yg sangat berkompeten, jaya POLINDO"
(S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)


Ananda Fadiah Khairina
"Saya mendapatkan pengetahuan dan informasi baru tentang dunia administrasi perkantoran yg sangat bermanfaat bagi saya, pelayanan yg diberikan oleh staff Polindo dan para pengajar juga sangat memuaskan, SUKSES UNTUK POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)



Personal Development

Profile POLINDO

TESTIMONI

UJIKOM

UJIKOM

Bursa Kerja

Google Map POLINDO

You Must Know

16 Alasan Mengapa Memilih POLINDO Internasional

Didukung oleh mitra bisnis POLINDO Internasional dari dunia Industri & usaha, lebih dari 10.000  perusahaan Nasional, Multinasional ...

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Copyright © POLINDO | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | by NewBloggerThemes.com