Kamis, 16 Maret 2017

Hormat terhadap orang tua : Kunci kesuksesan kita


Didalam Artikel kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya sendiri yaitu pengalaman saya setiap kali saya mengisi Training, ada kebiasaan yang selalu saya lakukan yaitu memberikan sesi renungan di malam terakhir training.

Saya selalu bertanya kepada para peserta Training:
Dalam Kehidupan seseorang, pasti ada orang yang paling berjasa dalam hidup anda, sehingga anda bisa menjadi Dewasa dan mandiri seperti ini.
Bahkan hingga saat ini pun, kita masih membutuhkan sosok tersebut , karena memang kita adalah makluk sosial yang tak mungkin bisa hidup sendiri, Kita selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Siapakah orang yang paling berjasa dalam hidup anda?
Coba kita ingat saat kita masih dalam kandungan...
Coba kita ingat saat anda mau lahir ke bumi siapakah orang menolong anda?
Coba ingat saat anda belum bisa berdiri siapakah orang yang paling berjasa menuntun anda?
Saat anda mulai belajar berjalan, lalu belajar membaca dan mulai sekolah dan seterusnya...

Semua peserta mulai merenung siapa orang yang paling berjasa dalam hidupnya...
Tentu kita langsung teringat orang yang paling berjasa dalam hidup kita yaitu orang tua kita....bagaimana tidak? seandainya saja saat kita dalam kandungan mereka tidak memperdulikan kita atau mungkin mereka tidak menginginkan kelahiran kita...itu semua bentuk pengorbanan terbesar dari orang tua kita.. kemudian teringat masa kecil kita, masa kanan- kanak, bagaimana nakalnya kita, masa sekolah, kita ingat semua nasehat-nasehatnya dan perjuangannya dalam membesarkan kita hingga saat ini...

Satu persatu semua peserta mulai meneteskan air mata... suasana semakin haru ketika hampir semua peserta menangis...bahkan menangis sangat keras...dan beberapa ada yang pingsan karena tidak bisa menahan kesedihan... dan pada akhirnya harapan kita semua setelah mengikuti pelatihan, mereka akan semakin berbakti pada kedua orang tuanya masing-masing.
dan sebagai penutup, kita berdoa bersama-sama untuk orang tua kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada... Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa kedua orang tua kita... Amiin...

Sahabat muda, tentunya kita ingat firman Allah SWT dalam Surat Al-Isra’ (17) ayat 23-24. yang berbunyi:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“ Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

(Qs. Al Israa’ [17]:23)

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku,kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”

Setiap kali saya selesai selesai mengisi materi tersebut, saya selalu merasakan rasa Kangen yang teramat sangat kepada kedua orang tua saya, terutama ibu saya yang tinggal di desa, karena ayah saya sudah meninggal dunia, semoga Allah melapangkan kubur ayah saya serta diterima semua amal dan kebaikan beliau amiin...

Ya karena rindu yang besar dan tak terbendung, saya selalu sempatkan untuk pulang menemui orang tua saya di desa. Namun tidak jarang, karena kesibukan dan tidak memungkinkan untuk pulang, saya selalu menyempatkan untuk Telepon. Setiap bertemu dengan orang tua, saya selalu meminta maaf kepada orang tua saya, saya selalu menggunakan untuk bersantai bersama keluarga, menanyakan kabar, kesehatan, apa keinginannya, menjadi pendengar yang baik untuk semua ceritanya. dan tak lupa untuk mohon do'a restu beliau supaya dimudahkan dalam segala urusan saya dan lembaga.

Untuk itu, mari sahabat muda sekalian. saya yakin  kita semua ingin berbakti pada orang tua kita, untuk itu saya akan memberikan tips yang bisa kalian lakukan untuk berbakti kepada orang tua:
  1. Mematuhi dan mentaati perintah orang tua dalam keadaan suka ataupun duka, selama tidak diperintah pada perbuatan dosa atau maksiat. Jika disuruh pada perbuatan dosa atau maksiat kita bisa menolak dengan cara yang baik, halus dan sopan. Serta tetap hormat pada orang tua kita. 
  2. Selalu berusaha menyenangkan hati orang tua dengan bertutur kata yang halus, lembut, sopan, santun serta berusaha memuliakannya.
  3. Membantu pekerjaan orang tua terutama ibu. jika sudah bekerja maka bantulah kebutuhan ekonomi orang tua, serta berusahalah untuk mewujudkan impian atau cita cita orang tua.
  4. Selalu mendoakan kedua orang tua, baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal dengan do'a yang baik (kesehatan, umur yang panjang dan barokah). berdo'a supaya kedua orang tua kita disayang oleh Allah SWT, seperti mereka menyayangi kita saat kecil, serta terselamatkan Dunia dan akhirat.
  5. Selalu menjaga dan menjujung tinggi nama baik dan kehormatan oran tua kita.
  6. Selalu sabar dan telaten merawat mereka saat sakit dan tidak berdaya.
  7. Jika orang tua kita sudah meninggal dunia, kita tetap bisa berbuat baik dengan merawat dan memperlakukan jenasahnya dengan sebaik-baiknya. Melunasi semua pinjaman atau hutang hutangnya, melaksanakan amanahnya atau wasiatnya, Tetap menjaga sillaturrahmi yang telah dibina orang tua semasa hidupnya, menghormati sahabat dan rekan rekannya,dan Selalu mendoakannya.
Semoga kita semua dibimbing oleh Allah SWT untuk menjadi orang-orang yang sukses dan bisa membanggakan kedua orang tua kita...amiin...


Dr. H. Nuryadi, S.Sos, MM, SEFT, NLP
Author Pengembangan diri, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis



Testimoni Peserta Didik

Ananda Fadiah Khairina
"saya mendapatlkan materi yang tidak pernah saya dapatkan selama ini, materinya sangat bermanfaat di tempat kerja, saya merasa nyaman dan puas, Terimakasih POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)

Almira Nanda Rizky Yani
"saya sangat puas belajar d POLINDO karena instrukturya sangat kompeten, pelayanan ramah, dan sarananya sangat menunjang, terimakasih POLINDO"
(S1 Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya)

Eka Oktaviana R
"di POLINDO kita banyak mendapatkan materi keahlian dan tips-tips memasuki dunia kerja, hal ini sangat membantu saya dalam meraih cita2 yang saya impikan, Terimakasih POLINDO"
(S1 Sains ITS)


Laila Novieka
"Terimakasih kpd pengajar karena ilmu yg diberikan sangat bermanfaat di dunia kerja, dan trimaksih kepada staff Polindo serta fasilitas yg diberikan sangat nyaman"
(S1 Pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya)


Mirza Devara
"Pembelajarannya di luar ekspektasi saya, materi yg diberikan bagus dan membuat saya jadi lebih percaya diri dalam mencari kerja"
(S1 Sains, Universitas Jember)


Ani Suryanti
"saya merasa mendapatkan keluarga baru, instrukturnya sangat berkompeten dan berkomitmen , Semoga POLINDO semakin sukses"
(S1 Hukum Universitas Wijaya Kusuma)


Dimas Widjonarko
"Ilmunya sangat bermanfaat, dosennya juga berkompeten, berkomitmen, dapat dijadikan tempat bagi yang ingin sukses, sukses untuk POLINDO"
(S1 Administrasi Rumah sakit STIKES Dr Soetomo)


Dwiki Yuniarti
"Saya mendapat ilmu Adminitrasi perkantoran yg bisa menunjang saya untuk bekerja, Terimakasih POLINDO"
(S1 Ilmu Sosial UPN)


Endang Kusumawati
"menyediakan fasilitas yg baik, prasarana yg mendukung setiap kegiatan, cepat tanggap dalam setiap masalah atau kendala selama pelatihan berlangsung"
(S1 Teknik Industri ITATS)


Ibnu Stiki Prasetya
"mendapatkan ilmu baru yg sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerjayg semakin kompetitif, dan alhamdulillah kita sekelas lancar menegrjakan uji kom dan kita semua dinyatakan kompeten, terimakasih POLINDO"
( S1 Manajemen STIESIA)


Ike Yasnaullina Mustofifa
"Banyak ilmu baru yg saya dapatkan dan sangat berguna untuk menambah skill saya, dengan fasilitas yg sangat memadai dan pengajar yg sangat berkompeten, jaya POLINDO"
(S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)


Ananda Fadiah Khairina
"Saya mendapatkan pengetahuan dan informasi baru tentang dunia administrasi perkantoran yg sangat bermanfaat bagi saya, pelayanan yg diberikan oleh staff Polindo dan para pengajar juga sangat memuaskan, SUKSES UNTUK POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)



Personal Development

Profile POLINDO

TESTIMONI

UJIKOM

UJIKOM

Bursa Kerja

Google Map POLINDO

You Must Know

16 Alasan Mengapa Memilih POLINDO Internasional

Didukung oleh mitra bisnis POLINDO Internasional dari dunia Industri & usaha, lebih dari 10.000  perusahaan Nasional, Multinasional ...

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Copyright © POLINDO INTERNASIONAL | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | by NewBloggerThemes.com