Senin, 27 Februari 2017

Yuk belajar PPh Pasal 21 (Pajak Penghasilan Pasal 21)



Berikut ketentuan seputar Pajak Penghasilan Pasal 21 yang sudah diperbarui dengan peraturan terbaru yaitu Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-16/PJ/2016, Peraturan Menteri Keuangan No. 101/PMK.010/2016 dan No. 102/PMK.010/2016 mengenai kenaikan tarif Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP terbaru  ( PTKP 2016 ) yang berlaku sejak tanggal 1 Januari 2016.



Manfaat aplikasi PPh Pasal 21 OnlinePajak
 

Pengertian PPh Pasal 21

Pengertian Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2015 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi subyek pajak dalam negeri. 

Aplikasi PPh 21  

Untuk perhitungan PPh Pasal 21 karyawan, biasanya akuntan atau staf payroll menggunakan excel, lalu membuat laporan SPT PPh 21 dengan software e-SPT dari DJP. Namun cara ini sungguh memakan waktu dan tidak efisien. Kini telah hadir sebuah aplikasi PPh 21 OnlinePajak yang memungkinkan Anda tidak perlu hitung manual gaji, PPh Pasal 21 dan BPJS dengan excel lagi. Aplikasi PPh 21 OnlinePajak sudah disahkan oleh DJP sebagai aplikasi alternatif resmi penyedia e-SPT dan e-filing secara gratis dengan Surat Keputusan Nomor KEP-193/PJ/2015. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan menggunakan aplikasi PPh 21 OnlinePajak : 
1. Perhitungan otomatis dan akurat. Perhitungan PPh 21 di OnlinePajak selalu disesuaikan dengan peraturan pajak terbaru ( termasuk peraturan tentang PTKP terbaru / PTKP 2016 ) dan tarif dasar progresif. Tinggal masukan saja data gaji karyawan, dalam satu klik dan kurang dari 1 menit perhitungan PPh 21 jadi secara otomatis dan akurat! Tak perlu instalasi software atau update apapun. Aplikasi OnlinePajak berbasis online, sehingga update software dilakukan secara otomatis. 
2. Fitur karyawan tetap dan tidak tetap. Selain fitur karyawan tetap yang menerima gaji bruto (gross), fitur PPh 21 OnlinePajak kini telah dilengkapi dengan fitur karyawan tetap yang menerima tunjangan pajak (gaji bersih atau gross up), fitur karyawan tidak tetap berkesinambungan dan tidak berkesinambungan, tenaga ahli dan lain-lain. Cukup pilih status karyawan Anda, perhitungan pajak mereka akan dilakukan secara otomatis dan akurat sesuai dengan peraturan yang berlaku.  
3. Metode perhitungan gaji bersih dan kotor. Tinggal pilih metode perhitungannya gaji bersih (netto/gross up) atau gaji kotor (gross), perhitungan PPh 21 langsung jadi otomatis dan akurat. 
4. Dilengkapi fitur BPJS, bonus, pensiun dan pesangon. Aplikasi PPh 21 OnlinePajak juga dilengkapi fitur perhitungan pajak untuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, bonus, pensiun dan pesangon dengan perhitungan persentase yang akurat.  
5. Simpan SPT Masa PPh 21 dan lampiran-lampirannya secara online. Simpan SPT Masa PPh 21 dan lampiran-lampirannya (1721-1 Bulanan, 1721 Final, 1721 Tidak Final, 1721-1 Tahunan, 1721-V Tahunan) secara online, tanpa perlu khawatir kehilangan data jika laptop hilang atau rusak.  
6. Cukup sekali masukkan data. Tak perlu input data yang sama berulang kali, dengan fitur impor data dari formulir e-SPT A1 dan file CSV; fitur impor data dengan template OnlinePajak yang memungkinkan Anda memindahkan data gaji karyawan secara lengkap dan/atau impor data dari software HR Anda ke aplikasi PPh 21 OnlinePajak dapat dilakukan secara mudah dan otomatis.  
7. Perhitungan PPh 21 bulanan sampai tahunan. Kapan pun awal periode kontrak karyawan, perubahan gaji karyawan atau membuat perhitungan PPh 21 tahunan, aplikasi PPh 21 OnlinePajak dapat membuat perhitungannya secara otomatis dan akurat.  
8. Pantau pengeluaran pajak & gaji karyawan dengan mudah. Undang kolega-kolega di kantor-kantor cabang mana pun secara tak terbatas untuk menggunakan OnlinePajak dari mana saja dan kapan saja.  
9. Buat ID Billing, setor pajak online dan e-Filing PPh 21 gratis dalam 1 aplikasi. Buat ID Billing, setor online dengan fitur BNI dan CIMB Niaga, serta efiling PPh 21 Anda dalam satu aplikasi terpadu, tanpa perlu datang dan antrie di KPP dan dapatkan bukti e-Filing elektronik (NTTE) Anda.  
10. Update otomatis. Setiap kali ada perubahan peraturan PPh 21 dan PTKP, karena berbasis online, kami akan memperbarui aplikasi secara otomatis tanpa perlu instalasi ulang. Termasuk pula setiap kali ada pergantian tahun pajak baru, kami akan memindahkan data dari tahun pajak sebelumnya ke tahun pajak baru secara otomatis. 
11. Slip gaji elektronik 1 klik. Buat slip gaji elektronik secara otomatis begitu Anda selesai membuat laporan PPh 21. Hemat waktu dan kertas. Tinggal kirim file PDF slip gaji ke email karyawan-karyawan Anda dalam satu klik!  
12. Sistem payroll 1 klik. Bayar gaji karyawan dengan 1 klik, tanpa perlu hitung menggunakan macam-macam aplikasi dan input data berulang kali. Lebih mudah dan cepat!
Cara perhitungan PPh 21 di OnlinePajak

Perhitungan PPh 21 di OnlinePajak

Tarif PTKP 2017 masih sama dengan PTKP 2016. Aturan tarif PTKP 2017 mengacu pada peraturan pajak PMK Nomor 101/PMK.010/2016. Yang perlu dipahami adalah tarif PTKP tidak selalu naik setiap tahunnya. Termasuk juga untuk tahun 2017 ini masih mengacu pada tarif lama yaitu PTKP 2016.

Kenaikan PTKP 2016 terbilang cukup cepat mengingat pada tahun 2015 pemerintah juga sempat menaikkan besarnya PTKP. Kenaikan PTKP 2016 ini tentu merupakan kabar baik, karena dengan demikian pajak penghasilan yang dipotong untuk karyawan menjadi lebih kecil. Selain itu, aturan PTKP terbaru ini berlaku surut untuk tahun 2016. Yang artinya perhitungan PTKP 2016 ini berlaku dari Januari 2016.

Dikarenakan aturan PTKP 2016 dikeluarkan pada pertengahan tahun 2016 (22 Juni 2016), maka atas kelebihan pemotongan pajak penghasilan PPh pasal 21 yang sudah terlanjur dipotong sejak januari hingga juni 2016 dapat dikreditkan, sehingga untuk bulan juli-desember 2016 PPh Pasal 21 harus disesuaikan agar pada akhir tahun tidak terjadi lebih bayar.
Perhitungan PPh 21 sekarang lebih mudah, akurat, otomatis serta selalu diperbarui dengan peraturan pajak terbaru, termasuk PTKP 2016 melalui  OnlinePajak ! Hanya dengan 2 langkah, Anda bisa langsung mendapatkan laporan SPT Masa PPh 21 dan lampiran-lampirannya. Berikut ini adalah langkah mudah menghitung, setor dan e-Filing PPh 21 di OnlinePajak:

  1. Daftarkan perusahaan Anda di aplikasi PPh 21 OnlinePajak
  2. Lengkapi data gaji karyawan

Klik menu 'Karyawan' dan lengkapi data-data berikut: 

    • Isi data karyawan.
    • Pilih metode perhitungannya netto (bersih) atau gross up (kotor).
    • Pilih detil kontraknya yaitu status karyawannya tetap atau karyawan tidak tetap dan masa kerjanya.
    • Pilih detil BPJS karyawan, rumus perhitungan BPJS ini sudah dimasukan dalam aplikasi PPh 21, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi menghitung bagian persentase yang harus dibayarkan karyawan dan perusahaan.
    • Lengkapi data gaji karyawan per bulan. Anda akan mendapatkan hasil perhitungan pajak baik per bulan maupun per tahun secara otomatis.
  1. Dapatkan SPT Masa PPh 21. Buka menu "PPh 21" dan dapatkan SPT Masa PPh 21 dan lampiran-lampirannya secara otomatis. 
  2. Setor PPh 21 secara online. Klik "Bayar", maka ID billing dan NTPN akan terisi otomatis.
  3. Lapor PPh 21 secara online. Klik "Lapor" untuk e-Filing PPh 21 secara gratis.    

Kesimpulan

  • PPh Pasal 21 adalah pajak yang dikenakan atas segala penghasilan. 
  • Kini ada cara yang lebih mudah, akurat dan cepat untuk hitung, setor dan lapor PPh Pasal 21, yaitu dengan menggunakan fitur PPh 21 di aplikasi Online Pajak. www.politeknikindonesia.co.id












Testimoni Peserta Didik

Ananda Fadiah Khairina
"saya mendapatlkan materi yang tidak pernah saya dapatkan selama ini, materinya sangat bermanfaat di tempat kerja, saya merasa nyaman dan puas, Terimakasih POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)

Almira Nanda Rizky Yani
"saya sangat puas belajar d POLINDO karena instrukturya sangat kompeten, pelayanan ramah, dan sarananya sangat menunjang, terimakasih POLINDO"
(S1 Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya)

Eka Oktaviana R
"di POLINDO kita banyak mendapatkan materi keahlian dan tips-tips memasuki dunia kerja, hal ini sangat membantu saya dalam meraih cita2 yang saya impikan, Terimakasih POLINDO"
(S1 Sains ITS)


Laila Novieka
"Terimakasih kpd pengajar karena ilmu yg diberikan sangat bermanfaat di dunia kerja, dan trimaksih kepada staff Polindo serta fasilitas yg diberikan sangat nyaman"
(S1 Pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya)


Mirza Devara
"Pembelajarannya di luar ekspektasi saya, materi yg diberikan bagus dan membuat saya jadi lebih percaya diri dalam mencari kerja"
(S1 Sains, Universitas Jember)


Ani Suryanti
"saya merasa mendapatkan keluarga baru, instrukturnya sangat berkompeten dan berkomitmen , Semoga POLINDO semakin sukses"
(S1 Hukum Universitas Wijaya Kusuma)


Dimas Widjonarko
"Ilmunya sangat bermanfaat, dosennya juga berkompeten, berkomitmen, dapat dijadikan tempat bagi yang ingin sukses, sukses untuk POLINDO"
(S1 Administrasi Rumah sakit STIKES Dr Soetomo)


Dwiki Yuniarti
"Saya mendapat ilmu Adminitrasi perkantoran yg bisa menunjang saya untuk bekerja, Terimakasih POLINDO"
(S1 Ilmu Sosial UPN)


Endang Kusumawati
"menyediakan fasilitas yg baik, prasarana yg mendukung setiap kegiatan, cepat tanggap dalam setiap masalah atau kendala selama pelatihan berlangsung"
(S1 Teknik Industri ITATS)


Ibnu Stiki Prasetya
"mendapatkan ilmu baru yg sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerjayg semakin kompetitif, dan alhamdulillah kita sekelas lancar menegrjakan uji kom dan kita semua dinyatakan kompeten, terimakasih POLINDO"
( S1 Manajemen STIESIA)


Ike Yasnaullina Mustofifa
"Banyak ilmu baru yg saya dapatkan dan sangat berguna untuk menambah skill saya, dengan fasilitas yg sangat memadai dan pengajar yg sangat berkompeten, jaya POLINDO"
(S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)


Ananda Fadiah Khairina
"Saya mendapatkan pengetahuan dan informasi baru tentang dunia administrasi perkantoran yg sangat bermanfaat bagi saya, pelayanan yg diberikan oleh staff Polindo dan para pengajar juga sangat memuaskan, SUKSES UNTUK POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)



Personal Development

Profile POLINDO

TESTIMONI

UJIKOM

UJIKOM

Bursa Kerja

Google Map POLINDO

You Must Know

16 Alasan Mengapa Memilih POLINDO Internasional

Didukung oleh mitra bisnis POLINDO Internasional dari dunia Industri & usaha, lebih dari 10.000  perusahaan Nasional, Multinasional ...

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Copyright © POLINDO INTERNASIONAL | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | by NewBloggerThemes.com