Jumat, 17 Februari 2017

10 hal yang wajib di persiapkan sebelum melamar pekerjaan




Melamar pekerjaan bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal agar kemungkinan diterimanya besar. Dalam melamar pekerjaan, ijazah saja tidak akan cukup. Nilai-nilai yang tampil dalam transkrip pun tak akan membantu banyak. Karena pada dasarnya ijazah hanya syarat minimum saja. Selebihnya kamu harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan membuat perusahaan sulit untuk menolak.

Sebelum melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Ada baiknya kamu memerhatikan sepuluh hal di bawah ini. Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, jaminan kamu diterima akan semakin besar. Bahkan sekali menyebar lamaran, banyak perusahaan akan meminta kamu bergabung dan menjadi bagian dari lingkungan kerja mereka. Yuk, kita simak!

1. Melakukan Riset pada Perusahaan
Sebelum lamaran kamu layangkan ke sebuah perusahaan. Ada baiknya kamu mempelajari perusahaan tersebut. Coba melakukan riset mendalam mengenai apa saja yang ada di sana. Bagaimana lingkungan kerja dan jenjang kariernya. Kamu bisa bertanya kepada seseorang yang mungkin pernah atau masih bekerja di sana, dan mengorek informasi yang kamu butuhkan. Atau kamu juga bisa membuka situs web perusahaan dan membacanya.


2. Mengirimkan Dokumen secara Lengkap
Hal ini mungkin sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi, kamu harus bisa mengirimkan dokumen yang tak bisa ditolak oleh mereka. Misalnya, kamu memberikan semacam portofolio dan juga daftar kemampuan yang hebat. Buat mereka penasaran dari dokumen yang kamu kirim. Lihat contoh surat lamaran kerja untuk membantu kamu.


3. Membuat Personal Branding
Di zaman serba modern ini, memiliki personal branding yang hebat akan membuat kamu gampang direkrut perusahaan. Cobalah membangun personal branding sesuai dengan kemampuanmu. Buat dirimu seprofesional mungkin, hingga banyak orang mengenal dan mengakui kemampuanmu.

Zaman sekarang banyak sekali media sosial profesional yang bisa digunakan untuk memperkuat branding diri, seperti LinkedIn. Dengan menggunakan media sosial profesional, kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan sebelum kamu melamar pekerjaan, mereka akan mencari dan menawarkan posisi yang bagus dan gaji yang menggiurkan.


4. Mempersiapkan Diri Saat Wawancara
Perusahaan yang tertarik dengan berkas yang kamu kirim pasti akan menghubungi lagi untuk melakukan wawancara. Mereka akan menanyakan banyak hal terkait dengan keinginan pekerjaan serta hal-hal lain yang sepertinya tidak nyambung. Dalam wawancara, kamu tak perlu bingung dan gugup. Persiapkan mental kamu dengan matang.
Dengan mental yang matang, maka hal-hal buruk selama wawancara bisa dihindari. Banyak kasus buruk terjadi pada orang yang sebenarnya sangat hebat. Ia juga memiliki keahlian yang tinggi. Namun saat wawancara, ia gugup dan akhirnya semuanya hancur. Itulah mengapa kamu harus mempersiapkan mental. Selebihnya jika memang kamu kompeten, semua pertanyaan pasti bisa dijawab dengan baik.


5. Jangan Memusingkan Masalah Gaji
Jika kamu seorang profesional dan bukan pertama kalinya melamar kerja. Membicarakan gaji di awal bukanlah hal yang salah. Namun jika kamu baru pertama kali bekerja, terlebih masih fresh graduate, membicarakan gaji justru akan memperkecil peluang kamu diterima. Lebih baik gunakan prinsip memberi terlebih dahulu, baru menerima hak.

6. Jangan Terlalu Membanggakan CV (Daftar Riwayat Hidup)
Barangkali kamu memiliki CV yang panjang. Banyak kegiatan dan prestasi akademik kamu lakukan ketika aktif menjadi mahasiswa. Namun yang mereka cari bukanlah CV yang panjang, melainkan kemampuan yang kamu miliki yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kemampuan kamu sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan. Jangan sampai kamu menampilkan kemampuan yang tidak dicari oleh mereka. Misalnya kamu sedang melamar ke perusahaan farmasi, jangan menunjukkan kemampuan kamu dalam akuntansi, karena tidak akan nyambung.


7. Tingkatkan Kemampuan Kamu

Pastikan kamu memiliki kemampuan yang sangat baik. Bila perlu, ambillah kursus terlebih dahulu agar saat wawancara atau tes kamu bisa melaluinya dengan mudah. Jika hal ini kamu lakukan, maka kesempatan kamu diterima akan lebih besar. Bila kemampuan kamu sangat bagus dan diminati perusahaan, mereka akan langsung meminta kamu untuk bergabung.





8. Perbanyak Pengalaman Kerja
Saat masih mahasiswa atau masih fresh graduate, lebih baik kamu mengambil pekerjaan freelancer. Usahakan yang berhubungan dengan jurusan kamu. Pekerjaan itu akan secara langsung meningkatkan kemampuan kamu dalam bekerja. Dan lagi, biasanya banyak sekali perekrut kerja yang mencari pegawai dari para freelancer yang sudah terbukti mampu melakukan tugas dengan baik.


9. Siap Bekerja Tanpa Protes
Sebelum melamar pekerjaan, pastikan apakah kamu bisa bekerja tanpa protes. Bekerja di bawah sebuah perusahaan artinya kamu harus mau bekerja di bawah peraturan mereka. Jadi jika kamu akan dipindahtugaskan ke luar kota atau bahkan ke pelosok, kamu tidak bisa dan tidak boleh protes. Jika kamu masih belum bisa mengatasi hal ini, lebih baik berpikir dua kali jika akan melamar pekerjaan.


10. Semangat Pantang Menyerah
Kamu bisa jadi ditolak puluhan hingga ratusan kali saat melamar pekerjaan. Jadi pastikan kamu tidak down, atau bahkan frustrasi gara-gara melamar pekerjaan tapi tak segera diterima. Jadi selalulah semangat, hingga pekerjaan kamu dapatkan.


Itulah 10 hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan semoga kamu segera direkrut oleh perusahaan yang telah jadi incaranmu sejak lama.





Testimoni Peserta Didik

Ananda Fadiah Khairina
"saya mendapatlkan materi yang tidak pernah saya dapatkan selama ini, materinya sangat bermanfaat di tempat kerja, saya merasa nyaman dan puas, Terimakasih POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)

Almira Nanda Rizky Yani
"saya sangat puas belajar d POLINDO karena instrukturya sangat kompeten, pelayanan ramah, dan sarananya sangat menunjang, terimakasih POLINDO"
(S1 Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya)

Eka Oktaviana R
"di POLINDO kita banyak mendapatkan materi keahlian dan tips-tips memasuki dunia kerja, hal ini sangat membantu saya dalam meraih cita2 yang saya impikan, Terimakasih POLINDO"
(S1 Sains ITS)


Laila Novieka
"Terimakasih kpd pengajar karena ilmu yg diberikan sangat bermanfaat di dunia kerja, dan trimaksih kepada staff Polindo serta fasilitas yg diberikan sangat nyaman"
(S1 Pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya)


Mirza Devara
"Pembelajarannya di luar ekspektasi saya, materi yg diberikan bagus dan membuat saya jadi lebih percaya diri dalam mencari kerja"
(S1 Sains, Universitas Jember)


Ani Suryanti
"saya merasa mendapatkan keluarga baru, instrukturnya sangat berkompeten dan berkomitmen , Semoga POLINDO semakin sukses"
(S1 Hukum Universitas Wijaya Kusuma)


Dimas Widjonarko
"Ilmunya sangat bermanfaat, dosennya juga berkompeten, berkomitmen, dapat dijadikan tempat bagi yang ingin sukses, sukses untuk POLINDO"
(S1 Administrasi Rumah sakit STIKES Dr Soetomo)


Dwiki Yuniarti
"Saya mendapat ilmu Adminitrasi perkantoran yg bisa menunjang saya untuk bekerja, Terimakasih POLINDO"
(S1 Ilmu Sosial UPN)


Endang Kusumawati
"menyediakan fasilitas yg baik, prasarana yg mendukung setiap kegiatan, cepat tanggap dalam setiap masalah atau kendala selama pelatihan berlangsung"
(S1 Teknik Industri ITATS)


Ibnu Stiki Prasetya
"mendapatkan ilmu baru yg sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerjayg semakin kompetitif, dan alhamdulillah kita sekelas lancar menegrjakan uji kom dan kita semua dinyatakan kompeten, terimakasih POLINDO"
( S1 Manajemen STIESIA)


Ike Yasnaullina Mustofifa
"Banyak ilmu baru yg saya dapatkan dan sangat berguna untuk menambah skill saya, dengan fasilitas yg sangat memadai dan pengajar yg sangat berkompeten, jaya POLINDO"
(S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)


Ananda Fadiah Khairina
"Saya mendapatkan pengetahuan dan informasi baru tentang dunia administrasi perkantoran yg sangat bermanfaat bagi saya, pelayanan yg diberikan oleh staff Polindo dan para pengajar juga sangat memuaskan, SUKSES UNTUK POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)



Personal Development

Profile POLINDO

TESTIMONI

UJIKOM

UJIKOM

Bursa Kerja

Google Map POLINDO

You Must Know

16 Alasan Mengapa Memilih POLINDO Internasional

Didukung oleh mitra bisnis POLINDO Internasional dari dunia Industri & usaha, lebih dari 10.000  perusahaan Nasional, Multinasional ...

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Copyright © POLINDO INTERNASIONAL | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | by NewBloggerThemes.com