Jumat, 08 April 2016

PRESTASI MENURUN? WASPADA KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK)

Hey sobat, kali ini admin akan membahas tentang pentingnya energi bagi aktifitas kita sehari-hari, dimana tips-tips yang akan diberikan nantinya diambil dari beberapa pengalaman dan sharing dari teman teman peserta program POLITEKNIKINDONESIA yang saat ini memiliki jadwal yang sangat padat yaitu Bekerja dan Belajar. Oke langsung saja, seperti yang kita tahu bahwa Energi adalah salah satu hal yang paling kita butuhkan untuk menunjang kegiatan tiap harinya. Apalagi bagi kalian yang sedang dalam schedule yang amat padat. Ada banyak hal yang harus kalian waspadai pada saat-saat ini, salah satunya Kekurangan Energi Kronis (KEK), yaitu kondisi dimana asupan kalori dan protein tidak mencukupi kebutuhan tubuh dalam waktu yang relatif lama. Kesibukan yang membuat kita lupa makan, kebiasaan makan yang terlalu sedikit, atau upaya menurunkan berat badan dengan mengurangi makan dalam jumlah banyak adalah penyebab paling dominan terjadinya KEK. Kekurangan Energi Kronis sendiri dapat menyebabkan:

Kita mudah lelah dan malas melakukan sesuatu
Prestasi belajar dapat anjlok karena kita tidak punya cukup energi untuk konsentrasi belajar mudah jatuh sakit dan masih sangat banyak lagi tentunya kerugian yang akan kita dapatkan.
Nah kalau sudah gitu gimana cara kita mengenali tanda-tanda KEK? Kekurangan  Energi Kronis dapat dilihat dengan menimbang berat badan dan menghitung lingkar lengan atas. Apabila berat kita kurang dari 40kg dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 17 dan ukuran lingkar lengan atas kurang dari 23,5 cm berarti kita terkena Kekurangan Energi Kronis. Kita juga bisa meminta batuan tim UKS ataupun PUSKESMAS terdekat untuk menimbang dan mengukur lingkar lengan kita agar lebih akurat hasilnya.
Mengapa ada remaja yang mengalami Kekurangan Energi Kronis? Kemiskinan sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan gizinya, terutama protein dan karbohidrat, Pola makan yang tidak sehat sperti malas makan, sering lupa makan, atau tidak pernah sarapan pagi, Sengaja tidak makan untuk mengurangi berat badan atau yang lebih sering kita sebut diet ekstrim.
Untuk diet sendiri itu bukanlah sesutau hal yang dilarang asalkan cara kita benar, apabila kita ingin menurunkan berat badan, cara yang ideal adalah dengan mengurangi porsi lemak dan menambah jam olahraga. Tentu saja kita juga harus tau kapan kita harus berhenti diet. Kurangi berat badan hanya jika lebih dari normal (IMT lebih dari 25). Kalau berat badanmu sudah normal, kamu tidak perlu diet untuk mengurangi berat badan. Tubuh kecil belum tentu sehat lho...
Apa yang harus kita lakukan apabila kita mengalami Kekurangan Energi Kronis?
·         Segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapat suplemen makanan dan pengobatan.
·         Makan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi.
·         Perbanyak makan, tapi tetap perhatikan keseimbangan gizi.
Berikut tips sehat dari salah satu Peserta Program POLITEKNIK INDONESIA Humaratul Sa’diyah yang mengambil program D3 Akuntansi dan Perpajakan :
  • Makan teratur (makanan yang sehat , kalau memungkinkan 4 sehat 5 sempurna)
  • Banyak minum air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Bila memungkinkan didukung dengan multivitamin tambahan
Nah sobat sebelum terlambat, ubah pola makan kamu menjadi lebih sehat dan makanlah makanan dengan gizi seimbang. Ingat energi tentu sangat kita butuhkan disaat melakukan setiap kegiatan untuk menggapai impian sukses kita. Apalagi bagi kalian yang ingin study lanjut sambil kerja setelah lulus dari bangku SMA nantinya. Tentunya saat kalian study sambil kerja nanti tenaga dan waktu kalian akan banyak terkuras, sehingga kalian harus pandai dalam menjaga kondisi tubuh.

Hal ini juga dirasakan oleh seluruh peserta program didik POLITEKNIK INDONESIA yang harus pandai dalam memanage waktu untuk Bekerja, Belajar dan Menjaga kesehatan untuk tercapainya aktifitas yang efektif. Itulah beberapa tips dari teman-teman POLITEKNIK INDONESIA. SUKSES Selalu yaa....
Ayo buruan daftar di Politeknik Indonesia. Banyak Keuntungan dan beasiswa. Info lanjut klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Testimoni Peserta Didik

Ananda Fadiah Khairina
"saya mendapatlkan materi yang tidak pernah saya dapatkan selama ini, materinya sangat bermanfaat di tempat kerja, saya merasa nyaman dan puas, Terimakasih POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)

Almira Nanda Rizky Yani
"saya sangat puas belajar d POLINDO karena instrukturya sangat kompeten, pelayanan ramah, dan sarananya sangat menunjang, terimakasih POLINDO"
(S1 Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya)

Eka Oktaviana R
"di POLINDO kita banyak mendapatkan materi keahlian dan tips-tips memasuki dunia kerja, hal ini sangat membantu saya dalam meraih cita2 yang saya impikan, Terimakasih POLINDO"
(S1 Sains ITS)


Laila Novieka
"Terimakasih kpd pengajar karena ilmu yg diberikan sangat bermanfaat di dunia kerja, dan trimaksih kepada staff Polindo serta fasilitas yg diberikan sangat nyaman"
(S1 Pendidikan kimia Universitas Negeri Surabaya)


Mirza Devara
"Pembelajarannya di luar ekspektasi saya, materi yg diberikan bagus dan membuat saya jadi lebih percaya diri dalam mencari kerja"
(S1 Sains, Universitas Jember)


Ani Suryanti
"saya merasa mendapatkan keluarga baru, instrukturnya sangat berkompeten dan berkomitmen , Semoga POLINDO semakin sukses"
(S1 Hukum Universitas Wijaya Kusuma)


Dimas Widjonarko
"Ilmunya sangat bermanfaat, dosennya juga berkompeten, berkomitmen, dapat dijadikan tempat bagi yang ingin sukses, sukses untuk POLINDO"
(S1 Administrasi Rumah sakit STIKES Dr Soetomo)


Dwiki Yuniarti
"Saya mendapat ilmu Adminitrasi perkantoran yg bisa menunjang saya untuk bekerja, Terimakasih POLINDO"
(S1 Ilmu Sosial UPN)


Endang Kusumawati
"menyediakan fasilitas yg baik, prasarana yg mendukung setiap kegiatan, cepat tanggap dalam setiap masalah atau kendala selama pelatihan berlangsung"
(S1 Teknik Industri ITATS)


Ibnu Stiki Prasetya
"mendapatkan ilmu baru yg sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerjayg semakin kompetitif, dan alhamdulillah kita sekelas lancar menegrjakan uji kom dan kita semua dinyatakan kompeten, terimakasih POLINDO"
( S1 Manajemen STIESIA)


Ike Yasnaullina Mustofifa
"Banyak ilmu baru yg saya dapatkan dan sangat berguna untuk menambah skill saya, dengan fasilitas yg sangat memadai dan pengajar yg sangat berkompeten, jaya POLINDO"
(S1 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel)


Ananda Fadiah Khairina
"Saya mendapatkan pengetahuan dan informasi baru tentang dunia administrasi perkantoran yg sangat bermanfaat bagi saya, pelayanan yg diberikan oleh staff Polindo dan para pengajar juga sangat memuaskan, SUKSES UNTUK POLINDO"
(D3 Bahasa Iggris Universitas Airlangga)



Personal Development

Profile POLINDO

TESTIMONI

UJIKOM

UJIKOM

Bursa Kerja

Google Map POLINDO

You Must Know

16 Alasan Mengapa Memilih POLINDO Internasional

Didukung oleh mitra bisnis POLINDO Internasional dari dunia Industri & usaha, lebih dari 10.000  perusahaan Nasional, Multinasional ...

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Copyright © POLINDO | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | by NewBloggerThemes.com